Sabtu, 16 Januari 2010

SUKSES MENJADI PENGUSAHA KATERING DARI DAPUR RUMAHAN

Usaha catering atau penyediaan makan dan minuman seolah sebuah usaha yang membutuhkan modal dan tempat yang besar sehingga kebanyakan orang dengan kantong terbatas enggan untuk memulainya . Orang jadi takut jika memulai usaha dengan modal terbesar karena resikonya pasti besar. Memulai usaha kuliner sebaiknya menggunakan modal yang tidak terlalu banyak dan bertahap .

SEBENARNYA usaha katering atau jasa makanan yang sering kali tampak di acara pesta dan sebagainya bisa dimulai dari dapur sendiri. Tidak diperlukan investasi yang besar, cukup memanfaatkan sarana dan peralatan yang ada di dapur. Katering tidak bisa diartikan hanya penyediaan makanan untuk acara pesta perkawinan saja. Jenis katering sekarang beragam seiring berubahnya pola hidup terutama daerah perkotaan. Kesibukan yang luar biasa dan banyaknya wanita bekerja membuat pemenuhan meja makan harus dilakukan dengan cepat. Wanita sudah tidak memiliki waktu banyak untuk pergi ke pasar, membersihkan sayur dan ikan lalu memasak dan menyediakan di meja makan. Hal yang sulit mereka kerjakan. Solusinya adalah jasa makanan siap jadi. Kantor dan perusahaan yang membutuhkan makan untuk karyawan, penyelenggaraan meeting, acara temu pisah , arisan, serah jabatan, ulang tahun dan berbagai acara baik resmi maupun tidak selalu berujung pada penyediaan makanan, di sinilah sebenarnya pasar jasa katering juga berkembang luar biasa .

Bagaimana Memulai Usaha Jasa Katering ?

Untuk memulai usaha katering, dimulai dari menyusun menu dari resep resep masakan yang anda anda sudah bisa & kuasai, apabila dari resep resep tersebut ada yang belum paham, anda bisa mengikuti Kursus Kuliner, terutama untuk menu menu yang banyak dipakai untuk Jasa Katering.

Selanjutnya, anda memulai menyediakan inventaris peralatan pokok yang di perlukan usaha katering yang sudah anda punyai dari dapur anda. Jika peralatan dirasa kurang bisa menambahkan beberapa di Toko Peralatan & Mesin untuk Catering. Investasi alat sesuai dengan besarnya order katering yang akan dikerjakan. Jika dana terbatas, sebaiknya mulailah mencari order katering kecil kecilan terlebih dahulu. Bisa memulai dengan nasi bungkus 15-20 bungkus untuk kuli/buruh kasar, beberapa box untuk acara arisan RT, atau snack kecil. Dengan order kecil ini di harapkan akan menjadi pengetahuan dan pengalaman yang relative lebih tidak beresiko di banding langsung besar, untuk menangani katering besar di perlukan persiapan, kecepatan dan ketepatan pengiriman dan keahlian memasak .

Untuk awal, sebaiknya anda langsung terjun terjun memasak, membungkus hingga pengiriman sehingga bisa membungkus dan merencanakan lebih cepat order berikutnya. Lakukan rekrutmen karyawan dengan tepat. Jika anda tidak pandai memasak carilah tukang masak yang handal agar makanan anda disukai. Anda dapat mencari karyawan dengan memasang pengumuman lowongan kerja pada Sekolah Kuliner.

Setelah pengamatan kesuksesan dalam skala kecil , lakukan pengembangan dengan mencari order katering yang lebih besar dan tetap. Jika perlu agar usaha katering masuk menjadi partner atau bekerja sama denga perusahaan besar, Anda sebaiknya mengurus ijin katering jasa boga ke dinas kesehatan terkait. Pihak dinas akan melakukan audit sanitasi dan persyaratan katering. Pembinaan dilakukan dengan memberikan cara sanitasi, pengaturan lay out, menghidangkan makanan yang aman dan sebagainya. Dengan memiliki ijin dari dinas kesehatan , usaha katering anda lebih aman dan mudah diterima dimanapun.

Apa Saja Jenis Katering Rumahan Yang Prospektif ?

Jenis katering sangat bervariasi dengan omzet yang luar biasa sampai ratusan juta. Namun dengan modal terbatas anda harus jeli memilih usaha katering yang cocok. Menjadi katering spesialis terkadang lebih midahdi banding katering yang cocok. Menjadi katering spesialis terkadang lebih mudah di banding katering yang umum (tidak jelas konsepnya) beberapa jenis katering yang sekarang sering berkembang dan merupakanpasar potensial adalah :

1. Katering Perkawinan

Adalah jenis katering yang melayani acara pesta perkawinan baik di rumah maupun di gedung. Ukuran order katering perkawinan biasanya lumayan besar namun tidak bersifat tetap. Pesta perkawinan bisa jadi tidak setiap hari dilakukan. Sekali dilakukan, jumlah order pasti besar .

2. Katering Pesta Anak-anak

Yakni katering yang khusus men design pesta ulang tahun, naik kelas atau acara lainnya. Untuk menangani katering ini harus mengenali dulu siapa undangan yang datang.Jika yang datang adalah anak-anak sesuaikan menu dengan menu kesenangan anak-anak yang biasanya menarik dan lucu .

3. Katering Lauk Rumah Tangga

Banyak ibu yang bekerja yang tidak sempat memasak memilih katering untuk memenuhi kebutuhan makanan keluarganya. Biasanya mereka meminta lauk dan sayur saja dan nasi sudah disiapkan di rumah atau kombinasi keduanya. Agar menarik anda harus menyusun jadwal menu satu bulan yang anda berikan kepada pelanggan. Akan lebih mendapat nilai tersendiri jika Anda menu yang disajikan adalah menu masakan rumah sehari-hari. Orang cenderung bosan dengan jenis menu-menu pesta. Mereka perlu variasi dan selalu ingin masakan rumahan .

4. Katering Makan Perusahaan

Adalah katerig yang melayani kebutuhan makan karyawan suatu kantor atau perusahaan. Order ini bersiap continue berdasarkan kontrak. Jika ingin mendapatkan order katering makan ini bisa dengan mengajukan permohonaan dan sampel makanan. Menu bulanan atau minggua menjadi penting sebagai salah satu daya tarik. Jenis katering ini bisa dengan sistem prasmanan, nasi bungkus atau dengan lunch box plastic. Biasanya yang paling umum adalah makan siang atau makan malam untuk karyawan yang ada sift malam hari .

5. Katering Acara Tradisional

Dengan semakin banyaknya aktifitas wanita diluar rumah, jika ada acara tradisional baik berupa tujuh bulanan, akikahan,turun tanah atau pengajian memvutuhkan suplai makanan. Sebaiknya untuk menyelenggarakan acara ini Anda harus memahami acaranya dan pastikan bahwa katering yang anda sajikan mendukung acara tersebut. Misal jika acara tujuh bulan untuk orang jawa harus di sediakan rujak, jika acara lamaran disediakan uli/tetel atau jika akekah dengan sate kambing dan seterusnya .

6. Katering Rapat Dan Seminar

Untuk rapat dan seminar biasanya membutuhkan snack dan makan berat juga. Bentuk penyajian bisa dengan prasmanan atau dengan box. Katering seperti ini anda harus aktif mencari koneksi dengan penyelenggara acara , penyewaan gedung atau instansi tertentu .

7. Katering Untuk pekerja Bangunan

Jangan menganggap remeh potensi pasar yang satu ini. Pekerja bangunan bisa membutuhkan makanan mulai pagi sampai malam. Mereka bisa jadi berhari-hari mengerjakan pembangunan rumah atau gedung. Tentu saja yang perlu di pertimbangkan disini adalah haga dan porsinya harus besar. Order katering ini bisa continue selama mereka mengerjakan gedung/rumah sampai selesai .

8. Katering Penyuplai Nasi Bungkus/Nasi Kotak Untuk Pedagang/ Toko Kue

Selain berdasarkan pesanan pasar katering aktif bisa juga dilakukan dengan menjual aneka nasi bungkus atau dalam kotak yang dijual pedagang keliling, dititipkan di toko kue atau bahkan supermarket. Jenis nasi bungkus semacam nasi uduk,nasi bogana,nasi campur atau nasi krawu sering kali dijual dengan cara seperti ini.

Berapa Modal Yang Di Perlukan ?

Modal yang di perlukan sangat relatif tergantung dari besarnya order yang akan di ambil. Ambil saja asumsi bahwa Anda tidak perlu investasi karena alat dapur sudah lengkap, Anda menerima order 50 box nasi gudeg dengan harga Rp.10.000. Total omzet yang anda keluarkan hanya untuk belanja bahan ayam, nangka muda, bumbu,tempe, beras, dan perlengkapan kotak box. Kisaran biaya bahan antara 50%-60% dari total omzet. Jadi modal yang disediakan untuk belanja sekitar Rp. 250.000-300.000, sisanya menjadi keuntungan kotor Anda.

Namun modal akan besar juga jika ternyata order nasi gudeg ternyata 500 box, sehingga omzet bertambah besar, modal yang anda keluarkan pun menjadi 2.5-3 juta untuk sekali order. Apalagi jika Anda harus membeli kompor baru karena order besar butuh nasi yang banyak juga, Pembelian alat juga menjadi modal investasi. Inipun juga tergantung sistem pembayaran, beberapa pelanggan bisa member uang muka sehingga bisa digunakan untuk modal awal, langsung membayar ketika menerima barang atau jangka waktu tertentu ( seminggu bahkan satu bulan ). Otomatis disini harus di hitung kebutuhan cash flow yang diperlukan. Sangat ringan bagi pemodal tipis jika pembayaran cash.

Menu Katering Yang Paling Laris

Menyusun menu ibaratnya sama dengan dunia fashion berkembang dan bisa jadi daur ulang menu-menu masa lalu. Variasi rasa dan penyajian menjadi tuntutan yang harus diperhatikan karena pelanggan mudah bosan dengan menu yang tidak berkembang. Tren menu di tiap daerah kadang juga berbeda dengan daerah lainnya. Usaha katering ini bisa di lakukan dalam skala kecil misal hanya melayani satu daerah atau satu lingkup kecil saja. Pelajari yang menjadi kebiasaan makan dan budaya dimana Anda membuka usaha katering. Ini akan memudahkan untuk memasarkan jasa katering anda. Untuk menamabah variasi menu menu baru yang anda belum kuasai, anda bisa mengikuti Kursus Aneka Menu Catering, carilah tempat Kursus yang sistemnya Praktek Langsung & mengunakan Mesin & Peralatan Catering yang bisa memudahkan anda untuk kelancaran bisnis Catering anda.

Beberapa Jenis Menu Yang Masih Di Gemari Adalah :

1. Menu Nasi Paket Tradisional

Yang mulai sangat populer. Akhir-akhir ini . Bahkan dengan sangat spesifik menyebut daerah asal sehingga terlihat sebagai menu yang menarik. Misal paket nasi bogana, nasi pecel tumpang Kediri, nasi merah Gunung Kidul, nasi kuning Banjar, nasi buk Madura, nasi gudeg Jogja, nasi gandul dan sebagainya. Dalam paket ini memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya terdiri atas nasi, lauk, sayuran dan lauk tambahan. Macam lauk dan jenis nasi yang membedakan nama paketnya .

2. Tumpeng

Menu ini menjadi menu sepanjang masa yang seringkali di pesan orang untuk acara khusus. Tumpeng ada dua jenis yang disajikan yakni tumpeng dengan nasi kuning atau nasi putih dengan ayam bakar/ panggang .

3. Masakan Padang

Menu masakan padang otomatis mengacu pada aneka masakan padang yang sangat bervariasi dengan karakter bumbu kental dan pedas. Lebih baik menyebut nama menu secara jelas karena ini lebih menarik bagi pembeli .

4. Masakan Jawa

Merupakan jenis masakan jawa yang sering kali di sajikan dalam satu kelompok masakan dari daerah jawa. Bisa jadi jawa Tengah atau Jawa Timur dengan ciri masing-masing .

5. Masakan Sunda

Masakan sunda mulai di gemari orang sehingga dalam beberapa acara tertentu katering sering kali menyajikan jenis masakan yang kaya lalap, sambal dan aneka pepes .

6. Masakan Chinese Food

Adalah jenis masakan dari Cina yang sering kali disajikan sebagai menu katering . Jenis masakan ini memang sempat populer beberapa tahun yang lalu. Masakan semacam Cap Jay, mi, ayam koloke, fu yung hai dst menjadi masakan yang digemari .

7. Masakan Barat

Yakni masakan yang banyak mengadopsi makanan dari Eropa dan Amerika seperti steak,rollade, sup krim, kentang goreng dan sebainya.

8. Masakan Menado

Masakan Menado yang kaya bumbu bisa menjadi alternative untuk menyajikan katering lebih lengkap dan bervariasi .

9. Masakan Dari Daerah Lain

Tidak menutup kemungkinan Anda bisa menyajikan anekan masakan daerah di Indonesia yang sangat beragam. Jangan takut, Indonesia sangat kaya dengan warisan kulinernya. Anda tidak perlu takut untuk menyajikan masakan tersebut yang pasti menggemari masakannya sendiri .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar