Sabtu, 16 Januari 2010

MENGENAL ANEKA USAHA KATERING

Bisnis usaha katering semakin bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini menunjukkan bahwa usaha ini menjajikan keuntungan yang besar bagi para pelakunya. Meningkatnya usaha ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah adanya perubahan gaya hidup penduduk kota besar yang ingin lebih praktis, sehingga menambah konsumen yang membutuhkan jasa katering .

PERKEMBANGAN bisnis katering bukan hanya ditandai dengan peningkatan jumlah pemilik usahanya saja, melainkan adanya perubahan pada variasi olahan menu, desain penentuan dan fasilitas lainnya yang mulai tampak ada perubahan. Pada awalnya usaha katering hanya menyediakan makanan untuk acara pesta saja, tetapi pada saat ini usaha ini telah berkembang menyesuaikan kebutuhan masyarakat, misalnya katering rantangan untuk karyawan, katering rumah sakit, dan masih banyak lagi .

Meningkatnya jumlah pengusaha katering menimbilkan persaingan ketat dalam menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Agar dapat menarik konsumen dalam jumlah besar, pengusaha katering harus menjaga kualitas rasa dan pelayanan yang memuaskan untuk konsumen, bahkan harga yang ditawarkanpun harus mampu bersaing .

Mengingat semakin pintar konsumen dalam memilih jasa katering yang enak dengan harga relatif murah, maka pengusaha katering harus pandai dalam menghadapi persaingan yang cukup ketat . Oleh sebab itu pengusaha katering harus lebih kreatif dan lebih inovatif lagi , agar bisa tetap eksis .

JENIS KATERING

Berdasarkan kebutuhan konsumen, jenis katering dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Jasa Katering Pesta

Jenis catering yang cukup lama ada dan berkembang. Katering ini melayani pesanan makanan untuk acara tertentu dalam jumlah tertentu (biasanya dalam jumlah besar) yang dihidangkan baik secara prasmanan atau buffet maupun secara a’la carte atau piringan .

2. Jasa Katering Rantangan

Jenis katering yang melayani penyadiaan berbagai menu dalamkemasan rantangan . Menu yang ditawarkan dibuat untuk konsumen rumah tangga atau karyawan kantor yang membtuhkan makan siang. Makanan diantara setiap hari dengan menu yang berbeda-beda. Biasanya dibuat daftar menu untuk satu bulan.

3. Jasa Katering Perusahaan / Pabrik

Jasa layanan katering khusus menyediakan untuk perusahaan atau pabrik. Bentuk pelayanannya dapat berupa rantangan atau prasmanan . Biasanya jenis katering ini diperuntukkan untuk perusahaan atau pabrik yang memiliki karyawan banyak dan waktu kerjanya terbagi beberapa shift .

4. Jasa Katering Trasportasi

Jenis pelayanan jasa katering khusus untuk perusahaan trasportasi seperti pesawat, kereta api, kapal laut, maupun bus antar kota atau propinsi. Umumnya makanan yang disajikan kemasan dalam kotak beserta minumnya. Makanan yang disajikan dapat berupa nasi dan lauknya atau berupa snack atau kue .

5. Jasa Katering Rumah Sakit

Katering khusus yang menyediakan makanan untuk pasien rumah sakit. Dalam pengolahannya, katering ini harus diawasi ketat oleh ahli gizi yang direkomendasikan dari pihak rumah sakit. Menu yang disediakan sesuaikan dengan jenis penyakit pasien .

6. Jasa Katering Khusus

Jenis katering yang khusus melayani konsumen tertentu seperti katering khusus vegetarian, katering khusus diet dan sebagainya. Biasanya harga yang ditawarkan relatif mahal mengingat jenis katering membutuhkan perhitungan ekstra dalam membuat menunya .


Pelatihan Tataboga - Kursus Kue & Masakan.

Info: 082140388070.

Kursus Kuliner Privat & Kolektif dengan metode peserta praktek langsung membuat produk makanan (Hands On).

Kursus Cara Memulai Usaha Cafe & Resto.

Pelatihan Cara Memulai Usaha Catering.

Belajar Bisnis Kuliner di Sekolah Masak.

Fun Kitchen @ Tristar.

Program Ekskul Kuliner - Tataboga & Handicraft untuk sekolah SD - SMP - SMA.

Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824. Hp: 082140388070.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar