Sabtu, 16 Januari 2010

LANGKAH-LANGKAH MEMBUKA USAHA KATERING

LANGKAH-LANGKAH MEMBUKA USAHA KATERING

Hal dasar untuk jenis usaha ini adalah kita harus menentukan beberapa point penting sehingga usaha yang akan Anda jalankan dapat berjalan sesuai rencana, beberapa hal yang perlu disimak :

1. Menentukan konsep usaha katering yang akan dipilih ada beberapa macam usaha katering yang dapat dipilih, misalkan katering yang akan dipilih misalkan katering untuk pesta , katering rantangan atau katering menu khusus. Sebagai pertimbangan anda dapat mengamati keadaan masyarakat sekitar. Katering jenis apa yang cocok dikembangkan didaerah sekitar Anda .

2. Menentukan standar resep andalan katering anda masakan yang memiliki rasa enak merupakan syarat mutlak untuk usaha katering, oleh sebab itu sebelum memulai usaha sebelum memulai usaha ini , hendaknya resep-resep terbaik mulai dikumpulkan dan dimulai diuji sebagai referensi menu andalan katering Anda . Anda juga bisa belajar menu menu katering dengan mengikuti Kursus Kuliner di Tristar Culinary Institute.

3. Membuat Perencanaan Usaha, Perencanaan usaha dibuat dengan tepat disertai dengan kegiatan survei untuk kebutuhannya agar ada patokan dan perbandingan yang sesuai perencanaan usaha yang dibuat .

4. Membuat Menu Atau Daftar Harga

Menu katering adalah yang penting yang sering ditanyakan oleh konsumen ketika hendak memesan menu yang enak dengan harga relative murah dan terjangkau adalah yang dicari oleh konsumen. Dalam membuat menu katering harus diperhatikan pula menu-menu yang menjadi tren pada waktu itu.

5. Mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan usaha katering

Di mulai dari peralatan dan perlengkapan operasional memasak, alat saji, sampai kebutuhan promosi seperti brosur, kartu nama dan sebagainya harus disiapkan dengan matang .

6. Memulai usaha Katering

Setelah segala sesuatu yang dibutuhkan dalam membuka usaha katering telah disiapkan dengan matang,mulailah usaha ini dengan promosi baik dari mulut ke mulut ataupun membagikan brosur atau proposal pada perusahaan-perusahaan atau event organizer untuk bisa bekerja sama .

KEBUTUHAN POKOK USAHA KATERING

Jika Anda telah siap untuk mengembangkan usaha ini, ada beberapa keperluan dasar yang harus Anda persiapkan :

1. TEMPAT USAHA

Untuk usaha katering skala kecil dapat menggunakan rumah pribadi sebagai tempat usaha awal hingga usaha katering berkembang lebih besar dan tidak memungkinkan lagi dilakukan dirumah sendiri. Yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat usaha adalah memiliki area kerja yang cukup luas untuk dapur atau tempat pengolahan bahan atau makanan, memiliki fasilitas yang memadai (air, listrik, sistem pembangunan air yang baik) dekat dengan pasar, tidak mengganggu masyarakat sekitar .

2. PERALATAN MASAK

Peralatan yang digunakan pada prinsipnya sama dengan alat rumah tangga biasa yang hanya saja ukurannya lebih besar karena digunakan untuk memasak dalam jumlah atau porsi lebih banyak. Peralatan masak untuk usaha katering antara lain, kompor gas, kompor minyak, rice cooker katering, aneka panic ukuran besar dan kecil, wajan besar dan kecil, aneka pisau, gilingan bumbu, dan sebagainya. Peralatan tersebut wajib dipunyai namun untuk suatu usaha katering pemila hendaknya pembelian alat disesuaikan dengan kapasitas pesanan dulu. Jangan sampai modal awal yang ada menjadi membengkak hanya untuk hanya untuk membeli peralatam saja .

3. PERALATAN MAKAN

Peralatan makan yang dibuthkan untuk setiap usaha katering tidak sama bergantung pada konsep usaha kateringnya, untuk usaha katering pesta peralatan makan yang wajib dimiliki adalah piring, sendok, garpu, aneka pemanas lauk, mangkuk, meja dan sebagainya. Sedangkan untuk katering rantanganperalatan yang wajib dimiliki adalah rantang makan yang dapat memuat nasi dan lauk pauknya .

Dibutuhkan dana yang besar untuk melengkapi peralatan makan bagi usaha katering pesta, Untuk iti pembelian peralatan ini dapat dicicil sesuaikan dengan jumlah anggaran yang ada. Pengusaha katering dapat menyewa alat makan dari jasa penyewaan alat pesta yang ada .

4. PERLENGKAPAN PENUNJANG KATERING

Merupakan perlengkapan diluar alat masak yang ada yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan pada usaha katering . alat-alat tersebut antara lain lemari es untuk menyimpan bahan , lemari penyimpan alat masak dan alat makan, dispenser dan sebagainya . * EDSUS

PENGELOLA KEUANGAN USAHA KATERING

Keputusan untuk membuka suatu usaha katering tentunya harus dipikirkan secara matang dan serius. Terkadang beberapa orang menjalankan suatu usaha tidak dengan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Hal ini yang menyebabkan jalan suatu jalan dapat terhambat. Modal kecil bukan alasan untuk menjalankan suatu usaha dengan seadanya, meskipun demikian harus dikerjakan secara professional . Profesionalitas dalam suatu usaha dapat dilihat dari servis yang terbaik, mutu dan rasa yang berkualitas tinggi , tepat waktu dan sesuai dengan janji , dan lain sebainya .

PROFESIONAL dalam mengolah keunangan usaha katering juga dapat menentukan kemajuan suatu usaha. Mengelolah keuangan usaha harus dicatat dengan benar, rapi, dan tertib serta dikontrol secara intensif. Meskipun dalam suatu usaha diolah secara perorangan , namun untuk mengelolah keuangan usaha tidak dapat dianggap remeh hanya karena kegiatan transaksi keuangan di pegang sendiri. Pemasukan dan pengeluaran uang , stock barang dan catatan perhitungan rugi atau laba harus dibuat setiap bulannya .

Membuat catatan keuangan suatu usaha tidak terlalu rumit kita bisa membuat dalam bentuk sederhana tanpa harus mengikiti format pembukuan keuangan yang rumit . Berikut adalah beberapa contoh-contohnya :

CATATAN PENGELUARAN USAHA KATERING

Dalam catatan pengeluaran usaha, tedapat pencatatan besarnya biaya pembelian bahan baku, biaya operasional usah seperti listrik , gaji pegawai , sewa alat atuau tempat usaha , dan sebagainya.

3 komentar:

  1. wah terimakasih untuk infonya. sangat bermanfaat jika ingin membuka usaha catering. banyak juga informasi baru yang saya dapatkan. ohiya saya ingin memberikan informasi juga tentang alamat website untuk dapat membeli peralatan dapur untuk catering yang profesional dan murah. bisa mengunjungi website http://www.gastro.co.id/

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya min... artikel nya keren sekali. sangant membantu karna saya baru saja buka usaha dengan pilihan paket catering murah di tangerang semoga bermanfaat, sekali lagi terima kasih min....

    BalasHapus
  3. Wahh terima kasih atas informasinya sangat membantu sekali dan lengkap informasinya terima kasih yaa...

    BalasHapus